Friday, December 16, 2016

manusia dan tanggung jawab


KATA PENGANTAR

Asalamualaikum Wr.Wb

Puji syukur kami panjatkan atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan Rahmat serta hidayah-Nya kepada kita semua sehingga kami dapat menyelesaikan makalah Ilmu Budaya yang berjudul “Manusia dan Tanggung Jawab”

            Makalah ini kami susun untuk memenuhi tugas mata kuliah Ilmu Budaya yang diampu oleh Bpk. DRS. BADRUN. M,SI. akalah ini kami buat dengan tujuan untuk memudahkan mahasiswa dalam mendalami Mata kuliah ilmu Budaya terutama dalam materi “manusia dan tanggung Jawab.”

            Tidak lupa kami sebagai penyusun mengucapkan terima kasih kepada :

1.      Bpk. DRS. BADRUN M.SI selaku Dosen pengampu Mata Kuliah Ilmu Budaya.

2.      Teman-teman yang telah membantu dalam penyelesaian makalah .

3.      Dan semua orang yang telah mendukung kami.

            Kami sebagai penyusun menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kata sempurna, maka dari itu kami membuka diri menerima kritik dan saran yang membangun demi sempurnanya laporan ini dari pembaca.

            Demikian sekiranya satu dua patah kata dari penyusun, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi siapa saja yang membacanya, sekian yang dapat saya sampaiakan kurang lebihnya saya mohon maaf.

Wassalamualaikum Wr.Wb









                                                                                                Sleman 19 september 2016





                                                                                                                                                                                                                        Penyusun




DAFTAR ISI




BAB I. PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG



Dalam konteks sosial manusia merupakan makluk sosial. Manusia tidak dapat hidup sendirian dengan perangkat nilai-nilai selera seniri. Nilai-nilai yang diperankan seseorang dalam jalinan sosial harus dipertanggung jawabkan sehingga tidak mengganggu konsensus nilai yang telah disetujui bersama.

            Tanggung jawab erat kaitanya dengan kewajiban, kewajiban adalah sesuatu yang dibebankan terhadap seseorang.

Apapun yang dilkukan oleh manusia baik itu dalam kegiatan sosial,bekerja,belajar, mengemban tugas semua harus ada tanggung jawabnya karna pada dasarnya manusia hidup dengan peraturan yang terikat. Semua kegiatan akan ada pertanggung jawabanya karna jika tidak ada tanggung jawabnya manusia akan hidup bebas tanpa memikirkan dampak yang akan terjadi. Maka tanggung jawab dalam hal ini adalah tanggung jawab terhadap kewajibanya.

Kewajiban disini dibagi menjadi 2 yaitu:

1.      Kewajiban terbatas

2.      Kewajiban tidak terbatas

B.    RUMUSAN MASALAH

Berdasarkan latar belakang diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa yang menjadi Rumusan Masalah disini ada 3 yakni

1.      Pengertian Tanggung Jawab

2.      Macam-macam Tanggung Jawab

3.      Wujud tanggung jawab

C.    TUJUAN PENULISAN

Kami sebagai penulis mempunyai tujuan dalam pembuatan makalah ini. adapun tujuan kami adalah

1.      Memenuhi tugas kuliah

2.      Mempelajari lebih mendalam tentang manusia dan tanggung jawabnya

3.      Memahami arti  dan makna tanggung jawab

4.      Dapat mengaktualisasikan dengan baik tentang tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari









BAB II

PEMBAHASAN

A.    Pengertian tanggung jawab

Tanggung jawab menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah

“Keadaan wajib menanggung segala sesuatunya.”

Pengertian tanggung jawab secara umum

“Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatan yang disengaja maupun tidak disengaja.”

Tanggung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujuda kesadaran akan kewajiban.

Tanggung jawab adalah sifat terpuji yang mendasar dalam diri manusia, selaras dengan fitrah. Tapi bisa juga tergeser oleh faktor eksternal. Setiap individu memiliki sifat ini, ia akan semakin membaik bila kepribadian orang tersebut semakin meningkat, ia akan selalu ada pada diri manusia karna pada dasarnya setiap insan tidak bisa melepaskan diri dari kehidupan sekitar yang menuntut kepedulian kepedulian dan tanggung jawab. Inilah yang menyebabkan frekuensi tanggung jawab masing-masing individu berbeda.

Manusia yang bertanggung jawab adalah manusia yang berani menghadapi masalahnya sendiri. apa yang dibebankan atau di amanhkan olehnya harus dipertanggung jawabkan. Sebagai contohnya seorang Presiden yang di pilih oleh rakyat harus mampu mempertanggung jawabkan kepercayaan tersebut, tentu masyarakat tidak akan mengembankan tanggung jawab tersebut tanpa adanya alasan salah satu alasan tersebut misalnya janji-janji manis Presiden ketika melakukan kampanye, presiden harus bertanggung jawab dengan janji yang telah Ia sampaikan kepada rakyatnya, selain kepada masyarakat janji tersebut juga akan diminta pertanggung jawabnya oleh Tuhan.



B.    MACAM-MACAM TANGGUNG JAWAB

Ada beberapa jenis tanggung jawab

1.      Tanggung jawab terhadap diri sendiri

Menurut sifat dasarnya, manusia adalah makluk bermoral tetapi manusia juga seorang pribadi, karena manusia mempunyai pendapat sendiri, perasaan sendiri, dan angan-angan sendiri. setiap manusia mempunyai kesadaran bertanggung jawab yang berbeda-beda tergantung karakter dan kepribadian masing-masing.

Tanggung jawab terhadap diri sendiri menuntut kesadaran setiap orang untuk memenuhi kewajiban sendiri dalam mngembangkan kepribadian sebagai manusia pribadi. Dengan demikian dapat memecahkan masalah-masalah mengenai dirinya sendiri.




2.      Tanggung jawab terhadap keluarga

Hampir semua orang akan membangun sebuah hubungan yang di sebut dengan Rumah Tangga atau berkeluarga, ketika seseorang memutuskan untuk Berumah tangga berarti dia siap untuk bertanggung jawab sepenuhnya yang ada di rumah tersebut,tiap anggota wajib bertanggung jawab terhadap keluarganya. misalnya suami bertanggung jawab menafkahi istri dan anak-anaknya atau seorang istri yang bertanggung jawab mendidik anaknya, melayani suami dan mengurus rumah.

Tanggung jawab disini bukan hanya tentang kesejahteraan,keselamatan, pendidikan dan kehiduapn. Tetapi juga bertanggung jawab menjaga nama baik keluarga.

3.      Tanggung jawab terhadap masyarakat

Pada hakekatnya manusia tidak dapat hidup tanpa bantuan manusia yang lain, sesuai dengan kedudukanya sebagai makluk sosial. Karna membutuhkan manusia lain maka ia harus berkomunikasi dengan manusia lain tersebut. sehingga dengan demikian, manusia disini merupkan anggota masyarakat yang tentunya mempunyai tanggung jawab agar dapat melangsungkan hidupnya di dalam masyarakat tersebut.

Tanggung jawab erat kaitanya dengan kewajiban, jadi tangunggung jawab disini dapat dicontohkan seperti saling tolong-menolong, toleransi, menghargai pendapat orang lain.

4.      Tanggung jawab terhadap Bangsa atau Negara

Setiap manusia atau individu adalah warga Negara suatu Negara. Dalam berpikir dan bertindak manusia terikat oleh norma-norma atau peraturan. Manusia tidak dapat berbuat semaunya sendiri. jika perbuatanya salah dan melanggar aturan dan norma tersebut maka manusia itu harus bertanggung jawab kepada bangsa dan Negaranya.





























5.      Tanggung Jawab terhadap Tuhan

Pada dasarnya, semua yang dilakukan oleh manusia mempunyai pertanggung jawabnya sendiri dihadapan Tuhan. Penciptaan manusia dilandasi oleh sebuah tujuan. Maka, tentu saja keberadaanya disertai dengan berbagai tanggung jawab. Konsekuensi kepasrahan manusia kepada Allah SWT dibuktikan dengan menerima seluruh tanggung jawabyang datang dariNya serta melangkah sesuai dengan aturanNya. Berbagai tanggung jawab ini membentuk suatu relasi tanggung jawab manusia terhadap alam.

 Hal tersebut meliputi antara lain:

1.      Tanggung jawab manusia terhadap Tuhan

2.      Tanggung jawab manusia terhadap sesama

3.      Tanggung jawab manusia terhadap alam semsta

4.      Tanggung jawab terhadap dirinya sendiri

Tanggung jawab terhadap Tuhan meliputi 2 aspek pokok. Pertama mengenal Tuhan. Kedua beribadah kepadaNya

C.    WUJUD TANGGUNG JAWAB

Wujud tanggug jawab ada 2 yakni

1.      Pengabdian

Pengabdian adalah perbuatan baik yang berupa pikiran, pendapat ataupn tenaga sebagai perwujudan kesetian, cinta,kasih saying,hormat, atau satu ikatan dan semua itu dilakukan dengan iklas.

Pengabdian pada hakikatnya adalah rasa tanggung jawab. Manusia tidak ada dengan sendirinya, tetapi merupakan makluk ciptaan Tuhan.

Sebagai ciptaan Tuhan, manusia wajib mengabdi kepada Tuhan.

Pegabdian berarti penyerahan diri sepenuhnya kepada Tuhan, dan itu merupakan perwujudtaan tanggung jawabnya kepada Tuhan Yang Maha Esa

2.      Pengorbanan

Pengorbanan berasal dari kata korban atau kurban yang berarti persembahan, sehingga pengorbanan berarti pemberian untuk menyataan kebbaktian.

Suatu pemberian yang didasarkan atas kesadaran moral yang tulus,ikhlas semata-mata. Pengorbna dalam arti pemberian sebagai tanda kebaktiantanpa pamrih dapat dirasakan bila kita membaca atau mendengarkan Khutbah Agama.

Perbedaan antara penabdian dan pengorbanan tidak begitu jelas. Karna adanya pengabdian tentu ada pengorbanan. Pengorbanan merupakan akibat dari pengabdian.

Pengabdian lebih banyak menunjuk pada perbuatan sedangkan, pengorbanan lebih menunjuk kepada pemberian sesuatu misalnya erupa pikiran, perasaan,tenaga dan waktu.

Dalam pengabdian selalu dituntut pengorbnan.




BAB III

PENUTUP

KESIMPULAN

Tanggung jawab dalam konteks pergaulan manusia adalah salah suatu keberanian. Orang yang bertanggung jawab dalah orang yang berani menanggung resiko berani menanggung resiko atas segala hal yang dilakukan atau diperbuat menjadi tanggung jawabnya. Ia jujur terhadap orang lain, adil, bijaksana, tidak pengecut dan mandiri.

Dengan rasa tanggung jawab orang yang bersangkutan akan selalu berusaha memenuhi kewajibanya melalui seluruh potensi dirinya. Orang yang bertanggung jawab adalah orang yang mau berkorban untuk kepentingan orang lain ataupun orang banyak.

Orang yang bertanggung jawab dapat memperoleh kebahagian, sebab ia dapat menunaikan kewajibanya dengan baik. Kebahagian tersebut dapat dirasakan oleh dirinya sendiri ataupun oleh orang banyak/ orang lain.

Orang yang bertanggung jawab dapat memperoleh kebahagian, sebab ia dapat menunaikan kewajibanya dengan baik. Kebahagian tersebut dapat dirasakan oleh dirinya sendiri atauoun oleh orang lain/banyak. Sebaliknya orang yang tidak bertanggung jawab akan menghadapi kesulitan,sebab ia tidak melaksanakan kewajibanya dengan baik dan tentunya tidak mengikuti aturan, norma serta nilai-nilai yang berlaku. Selain itu wujud dr tanggung jawab juga berupa pengabdian juga pengorbanan.

Pengabdian dan pengorbanan adalah suatu perbuatan yang baik untuk kepentingan manusia itu sendiri.




DAFTAR  PUSTAKA

1.      Perilaku manusia dalam perspektif struktural, soaial  dan kultural karya Trubus Rahardiansah

2.      http//amrozi-gitz.blogspot.com/2012/06/manusia-dan-tanggung-jawab.html






No comments:

Post a Comment